REVIEW SKRIPSI SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)

Judul: KAJIAN TINGKAT KEMACETAN LALU-LINTAS DENGAN
MEMANFAATKAN CITRA QUICKBIRD DAN SISTEM INFORMASI
GEOGRAFIS DI SEBAGIAN RUAS JALAN KOTA TEGAL
Penulis : Ayudanti Patriandini, R. Suharyadi, Ibnu Kadyarsi
Direview Oeh: Stevy Waelaruno

Perolehan data dihasilkan dari interpretasi Citra Quickbird dan kerja
lapangan diolah dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis. Citra
Quickbird digunakan untuk memperoleh data geometrik jalan berupa lebar jalan,
median dan penggunaan lahan. Volume lalu-lintas didapatkan dari 62 sampel ruas
jalan yang diteliti dengan menghitung jumlah setiap jenis kendaraan yang
melintas tiap satuan waktu tertentu pada jam puncak dipagi hari antara jam 06.00-
08.00 WIB, siang hari 12.00-14.00 WIB, dan sore hari 16.00-18.00 WIB,
kemudian diambil reratanya selama 1 jam. Kapasitas ruas jalan dihitung
berdasarkan Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM) tahun 1997. Tingkat
pelayanan ruas jalan merupakan perbandingan antara volume lalu-lintas dengan
nilai kapasitas ruas jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketelitian
interpretasi penggunaan lahan sebesar 96,28%, tingkat ketelitian interpretasi
geometrik jalan sebesar 96,36%.

Dari hasil dan pembahasan yang
telah diperoleh, dapat disimpulkan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Penggunaan Citra Quickbird
sebagai sumber data memperoleh
informasi terkait kemacetan lalulintas
menunjukkan hasil yang
baik. Tingkat ketelitian yang
diperoleh sebesar 96,36% untuk
ketelitian lebar jalan dan 96,28%
untuk ketelitian interpretasi jenis
penggunaan lahan.
2. Tingkat kemacetan lalu-lintas di
Kota Tegal dibagi menjadi 3
tingkat, yaitu; tinggi, sedang, dan
rendah. Serta terdapat 3 jam
puncak, yaitu;pagi, siang, dan
sore.
a. Jam Puncak Pagi
Jalan Werkudoro (tingkat kemacetan
lalu-lintas tinggi dengan nilai V/C
ratio sebesar 0,9->1,0); Jalan
Veteran dan Jalan Diponegoro
(tingkat kemacetan lalu-lintas sedang
dengan nilai V/C ratio sebesar 0,7-
0,9); Jalan Raya Tegal-Brebes
(tingkat kemacetan rendah dengan
nilai V/C ratio sebesar <0,6-0,7).
b. Jam Puncak Siang
Jalan Mejasem dan Jalan Werkudoro
(tingkat kemacetan lalu-lintas tinggi
dengan nilai V/C ratio sebesar 0,9-
>1,0); Jalan Pemalang-Tegal, Jalan
Gadjah Mada dan Jalan Martoloyo
(tingkat kemacetan lalu-lintas sedang
dengan nilai V/C ratio sebesar 0,7-
0,9); Jalan Kom. Pol. Suprapto
(tingkat kemacetan rendah dengan
nilai V/C ratio sebesar <0,6-0,7).
c. Jam Puncak Sore
Jalan Mejasem dan Jalan Werkudoro
(tingkat kemacetan lalu-lintas tinggi
dengan nilai V/C ratio sebesar 0,9-
>1,0); Jalan Raya Tegal-Brebes,
Jalan Terban, Jalan Gadjah Mada
dan Jalan K.H. Mansyur (tingkat
kemacetan sedang dengan nilai V/C
ratio sebesar 0,7-0,9); Jalan Sawo
Barat (tingkat kemacetan rendah
dengan nilai V/C ratio sebesar <0,6-
0,7).

Sumber : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7366&val=544

Komentar